Tiga Manfaat Penting Manajemen Diri yang Jarang Diketahui

Memiliki pekerjaan dan aktivitas-aktivitas yang beragam sering kali membuat kita menjadi bingung atau bahkan pusing untuk mengerjakannya. Oleh sebab itu, kita harus bisa semaksimal mungkin mengendalikan kondisi dan keadaan yang tidak penting atau tidak menguntungkan kita.

Untuk itulah, manajemen diri sangat diperlukan agar kita bisa melakukan sesuatu dengan baik dan bisa mencapai target atau tujuan yang diinginkan. Sudah banyak bukti yang menunjukkan bahwa orang-orang yang mampu melakukan manajemen diri lebih sukses dibandingkan yang tidak. Karenanya penting menerapkannya dalam keseharian kita.

Berikut ini beberapa manfaat manajemen diri yang jarang diketahui orang.

Lebih Mudah Mencapai Goal
Apakah Anda telah melakukan manajemen diri dengan baik dan disiplin? Jika iya, maka berbagai sasaran atau target yang terlihat sulit atau rumit akan lebih mudah teratasi. Saat kita bisa mengelola atau mengatur diri dengan baik, maka waktu dan energi kita menjadi efisien dan terarah. Kita menjadi memiliki modal kuat untuk mencapai tujuan. Bayangkan orang-orang yang waktu dan energinya tidak terkelola baik alias tidak memiliki manajemen diri yang baik, mereka pasti kesulitan untuk mencapai tujuan.

Meningkatkan Kemampuan Pengambilan Keputusan
Saat Anda melakukan manajemen diri, saat bersamaan Anda juga menentukan prioritas-prioritas dalam hidup Anda. Semakin baik dalam menentukan prioritas, Anda semakin terlatih dalam mengambil keputusan. Melakukan manajemen diri pada dasarnya membantu kita mengasah kemampuan diri dalam pengambilan keputusan, baik dalam menyelesaikan tugas maupun mengatasi permasalahan.

Memanfaatkan waktu lebih baik
Pada dasarnya, manajemen diri yang optimal tidak hanya membuat Anda jauh lebih disiplin dalam mengerjakan sesuatu, namun juga dapat membuat Anda memiliki banyak waktu. Saat segalanya teratur, maka waktu Anda untuk mengerjakan hal-hal bermanfaat lainnya menjadi bertambah. Ini berarti Anda bisa lebih menghasilkan dibandingkan orang lain yang tidak mampu mengatur waktunya. Orang-orang yang berada dalam kerugian ialah orang-orang yang tidak bisa mengatur waktunya sendiri. Esensi manajemen diri adalah mengelola waktu secara efisien dan menghasilkan energi optimal untuk mengerjakan hal-hal prioritas dan non-prioritas lainnya tercapai sesuai target.

Jadi tunggu apa lagi? Mulailah dari sekarang melakukan manajemen diri agar tujuan Anda tercapai lebih cepat.

Posted in Weekly Column.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *